Senin, 20 April 2015

Rumus Kehidupan

Pada awalnya dan biasanya, ketika ada pengaduan keluh serupa:
“padahal saya sudah begini hingga begitu, kenapa hasilnya tidak juga sesuai dengan yang saya harapkan?!”

aku akan merespon dengan senada berikut:
“Oh, mungkin apa yang kita lakukan masih belum tepat, berarti harus kita cari lagi cara lain yang lebih hingga paling tepat.”

Lalu baru saja aku disadarkan melalui catatan kehidupan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Sanya beliau, meskipun telah menempuh upaya yang langsung diarahkan oleh Sang Maha Pemilik Alam Semesta, toh juga tidak kesemua upayanya itu bersambut dengan sukacita sebagaimana harapan.

Apakah cara beliau kurang tepat?
Apakah Allâhu ta’âlâ menipu beliau dengan cara yang tidak tepat?

Aku yakin tidak!

Dari sanalah kita bisa belajar sebuah rumus kehidupan, bahwa bersama setiap perjuangan kebaikan adalah hambatan dan ujian.

1 komentar:

  1. Terkadang..
    Tidak semua yg kita inginkan mesti tercapai
    tidak semua yg kita harapkan akan terpenuhi
    ya kita mesti belajar sabar
    belajar menerima kenyataan yang ada

    sesuatu yg memang itu mesti kita raih
    takkan pergi jauh dan menghilang
    tetapi sekalipun itu sedang kita genggam
    jika memang harus hilang,maka selalu ada saja jalan...#nyontek

    BalasHapus