Selasa, 01 Mei 2012

Aku, Tulisan, Inspirasi, dan Sinergi, Berteriak Membangun Negeri

Seorang kopral kecil veteran Perang Dunia II yang berhasil menjadi ‘kaisar Jerman’, pernah mengatakan dalam bukunya yang berjudul Mein Kampf; “Ich konnte reden” dan “jede grosse Bewegung auf dieser Erde verdankt ihr Wachsen den grosseren Rednern und nicht den grossen Schreibern”. Kurang lebih artinya; “gerakan besar di dunia dikembangkan oleh ahli-ahli pidato, bukan oleh ahli-ahli menulis”. Sekilas saja mungkin dapat membuat kepala kita termangut-mangut, lalu bergumam "ane harus pinter retorika, pinter ngomong" setelah membaca kalimat tersebut. Namun setelah disertai proses renungan, aku akhirnya mengambil kesimpulan sepertinya dia tidak sadar bahwa pada awalnya dia mengatakan kata-kata sakti itu dalam bentuk tulisan, yang kemudian juga menginspirasi pergerakan massa.

Perjalanan kehidupan pun sepertinya bisa cukup mengajarkan pada kita bahwa banyak karya fenomenal berupa tulisan-tulisan yang ternyata lahir dari balik jeruji besi dan berhasil menginspirasi pergerakan besar perlawanan. Mereka tidak memobilisasi pergerakan secara langsung di belakang mikrofon. Sehingga bagiku tidak ada dikotomi kekuatan pengaruh antara tulisan dan kata-kata dalam potensi menginspirasi gerakan-gerakan besar di dunia. Ini hanya soal bagaimana kata-kata dan tulisan-tulisan yang mencerahkan dapat terrekamkan dan tersampaikan pada jiwa-jiwa yang dahaga akan cahaya.

Tiada yang mengiringi gerakan jemariku merangkaikan kata-kata ini selain sebuah semangat yang aku namai semangat belajar membangun dan belajar membagi inspirasi kebaikan. Inspirasi kebaikan yang aku harapkan juga bisa memantik pergerakan-pergerakan kebaikan di setiap jengkal bumi pembacanya.

Inspirasi layaknya barang berharga yang terpendam di setiap jejak peristiwa. Seringkali harus digali, tidak asal tergeletak di pinggiran jalan. Dia mampu membangun harapan, dia menggemakan kabar gembira di lorong-lorong kekhawatiran, dia mengukirkan senyum di balik derai tangis, dia membangkitkan motivasi setelah melunglai lelah langkah-langkah, dia meniupkan ruh yang menyegarkan pada gerak-gerik jibaku raga.  Terlebih, inspirasi yang tulus akan selalu mengirimkan upeti-upeti keberkahan pada pundi-pundi amal kita kendati kelak jasad kita tak lagi bernyawa.

Aku yakin, ketika setiap jiwa kita memiliki inspirasi ini lalu bermurah untuk menebarkan manisnya, ini seperti menyalakan lilin-lilin kecil di dalam gerbong perjalanan hidup yang tanpa lampu, seperti mengembangbiakkan kunang-kunang di tengah gulitanya malam tanpa bintang. Sebagaimana aku juga yakin bahwa langkah awal dari penyelesaian setiap permasalahan yang ada dalam kehidupan kita itu bermula dari satu langkah kecil yang kita ayunkan untuk membenahi diri kita sendiri.

Segelintir jiwa yang tercerahkan bergerak sinergis untuk melangkah mencerahkan, menginspirasi. Bisa aku bayangkan ketika akhirnya terrangkaikan jutaan langkah berayun bersamaan dan berdampingan, gemuruh selaksa nusantara. 10 Pemuda yang ditagih untuk mengguncangkan Indonesia bukan lagi sebatas jargon bersejarah yang diselimuti sarang laba-laba. Inilah juga kiranya yang aku harapkan ketika memutuskan untuk bergabung dalam komunitas Bloggers Shout Out, mendisiplinkan diri untuk berkomitmen meneriakkan gagasan-gagasan yang positif-inspiratif melalui tulisan-tulisan, membuat diri tercerahkan, lalu berjalan beriringan dengan orang-orang yang memiliki kesamaan visi, bersinergi, menginspirasi dan mencerahkan Indonesia.

Yogyakarta, 1 Mei 2012
Bulan Baru, Semangat Baru, Resolusi Baru
"Makasih banyak bang Glen Tripollo atas inspirasi Komunitas Bloggers Shout Out-nya", salam Solid! B-)



16 komentar:

  1. Bedeuh, mangstap tulisannya... :D
    Salam kenal ya Brow, and semoga solid... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. #senyamsenyum
      hasil begadang 3 jam ni bang, lumayan lah ya :D

      salam kenal!
      salam Solid! B-)

      Hapus
  2. Dari judulnya udah kece gitu, eh, isinya malah makin kece. Salam kenal dan semoga solid, Bang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak mba Wiwi ^-^"a
      #mukamerah

      Salam kenal!
      Salam Solid! B-)

      Hapus
  3. Inspiratif!

    Yuk bergabung bersama pemuda-pemudi solid
    menggemakan kabar-kabar gembira di lorong-lorong kekhawatiran
    Quote This! :)

    Pengen Quote semua sih..tapi..

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba Anis!! udah gabung nih :D
      semoga Solid, semoga Konsisten

      boleh mba, silakan, hehe ^-^

      salam kenal!
      salam Solid! B-)

      Hapus
  4. kagum sama tulisan bang ieboy,.. gak sia-sia deh gadangan 3jam nya..
    hihi

    salam solid, boy!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, makasih bang Zero :)) #ngebul

      mari berbagi semangat, berbagi ilmu, berbagi inspirasi

      salam kenal!
      salam Solid! B-)

      Hapus
  5. beraaaat isinya :)
    perubahan besar biasanya diawali dari pergerakan kecil yang dinamis dan konsisten :)

    salam solid ya

    dan salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak Dee :)
      yap, sepakat!!

      salam kenal!
      salam Solid! B-)

      Hapus
  6. Ayo kita toss dulu!
    Semoga solid ya!

    BalasHapus
  7. Kata Kata Motivasi
    Tak peduli seperti apa penampilan kamu, percayalah, ada seseorang di luar sana yg akan mencintai kamu, JustTheWayYouAre!
    =========================================

    BalasHapus
  8. halo gan,
    tetap semangat tinggi ya untuk jalani hari ini ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  9. yups keren banget sob...

    kita memang harus mendisiplinkan diri dan butuh konsistensi untuk bisa mengajak orang lain berubah menuju arah yang lebih baik...

    salam solid...
    izin follow semoga berkenan follow back...

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, baru baca komen yang ini, maaf maaf kang :D

      kemonlah, kita konsisten dan sinergis bergerak

      salam solid kang!!

      Hapus
  10. kunjungan gan .,.
    Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus