Kamis, 28 November 2013

Catatan Nostalgia Seorang Santri; Asaatidzunaa

Tulisan ini semacam catatan nostalgia seorang santri tentang asaatidz-nya, seorang murid tentang guru-gurunya. Dan dari kesemua catatan nostalgia yang ane punya, masa didikan 6 tahun di Pondok Pesantren Husnul Khotimah-lah yang sanggup memberikan kesan yang paling nancep untuk perkembangan kepribadian ane.

Saudara-saudari –terkhusus, alumni HK X--, apa yang masih ente semua kenang dari asaatidz kita di Husnul? :)

Ane lagi nyoba me-list beberapa hal; kesan, perkataan, hikmah, ajaran, yang sampai sekarang masih ane inget dari beliau-beliau yang ane hormati. Tidak bermaksud untuk meninggikan penilaian atas Ustadz satu dari Ustadz yang lain, ane hanya merangkum beberapa hal yang berkesan dan meninggalkan hikmah bagi ane pribadi selaku santri beliau, dan berharap mengingatkan kembali kepada diri ane -khususnya- untuk terus istiqamah memanfaatkan ilmu-ilmu yang telah beliau semua ajarkan kepada diri ane.



Ustadz K.H. Achidin Noor
·         ‘Memaksakan diri untuk konsisten menetapi kebaikan. Inget do’a ajaran beliau yang ini?? à Allaahumma, paksakan!!” :) . Do’a ini diajarkan sewaktu upacara awal tahun ajaran baru, biasanya diulang-ulang oleh beliau. Beliau bilang, ini do’a supaya kita betah di Pondok, betah dengan beragam pelajaran, tempaan, masalah dan dinamika di Pondok.

·         Keprihatinan dan kerja keras. Cerita khas beliau adalah cerita tentang perjuangan beliau sewaktu dahulu mondok di Pesantren Darussalam Ciamis. Waktu itu cara beliau untuk survive dan membangun kekuatan pribadi adalah beliau bekerja di dapurnya pondok beliau sebagai tukang masak nasi untuk santri-santri dan asatidz Pondoknya.

·         Tentang kedewasaan. Do’a yang juga beliau ajarkan adalah do’a agar kita diberikan hidayah Allah untuk bersikap dan bertindak dewasa, masih ane hafal dan ane baca sampe sekarang; “Allaahumma habbib ilayya-l-iimaana, wa zayyinhu fii qalbii, wa karrih ilayya-l-kufra wal-fusuuqa wa-l-‘ishyaana, waj’alnii minar-raasyidiin”.


Ustadz Ajid Muslim
·         Wakil Mudir pertama sewaktu ane masuk HK. Sosok pemimpin yang sangat kharismatik.

·   Cerita heroik beliau sewaktu dirampok dan ditembak kakinya masih ane inget. Juga perjuangan beliau sewaktu menjadi relawan mujahid di konflik Maluku tahun 1990-an.

·         Beliau tegas banget sama santri yang shalat dengan pakaian yang di belakangnya ada tulisan dan atau gambar. Beliau bilang itu mengganggu kekhusyukan orang yang shalat di belakangnya. Sampe sekarang ane sangat berhati-hati kalau shalat, memastikan bagian belakang pakaian ane gak bikin orang yang shalat di belakang ane jadi gak khusyuk.

·         Beliaulah yang menegur ane sewaktu shalat di masjid Al-Husna I sambil memiringkan arah qiblat (umumnya di kampung-kampung kan pada dimiringkan). Beliau mengatakan kalau arah masjid Al-Husna I itu sudah disesuaikan dengan qiblat, gak perlu lagi memiring-miringkan arah shalat. Sekarang ane kalau shalat di sebuah masjid yang baru ane kenal, ane tsiqoh dah sama pengurus masjidnya, gak perlu nambah-nambahi kemiringan qiblat yang ada, bahkan kalau sempat membawa kompas ane jadi ikut-ikutan memeriksa validitas qiblatnya, biar shalat jadi tenang.


Ustadz Mohammad Sabiqin A. S.
·         Tentang ketegasan, kekuatan, integritas, dan kharisma seorang pemimpin (kalo di cerita-cerita komiknya one piece mungkin disebut kemampuan ‘haki’ ya, hehehe)

·         Tentang kesusahpayahan, kesederhanaan, dan keprihatinan. Cerita beliau yang paling sering dibagi ke santri adalah cerita perjuangan susah dan prihatinnya beliau dan keluarga semasa kecil hingga dewasa. Makan thiwul, nasi basi kering dimasak lagi, singkong parut, de el el. Prihatin banget. Dari keprihatinan lahir energi besar untuk sungguh-sungguh dalam belajar.

·         Beliau yang mengajarkan bahwa; “tidur tengkurap adalah tidurnya ahli neraka!”

·         Beliaulah juga yang mengajarkan; agar kencing lebih aman dari cipratan air kencing yang najis, disiram dulu tuh lantai-lantai di WC dan dialiri air untuk mengurangi efek cipratan.

·         Kalau ceramah pake bahasa Arab, ada satu kata yang berkesan dari beliau; “Thab’an!”

·         Pengajar ekskul Retorika!!

·         Beliau pernah mengalami musibah kecelakaan yang dahsyat di jalan raya. Sebagian daging dan otot tangannya tergilas mobil dan hampir saja kepala beliau pun menjadi bagian yang tergilas. Di balik ‘kesangaran’ beliau, sewaktu itu ane melihat kesabaran yang sangat dalam dari ekspresi beliau ketika menjalani perawatan dan pengobatan.


Ustadz Sufyan Nur
·         Sosok leader yang kuat, kharismatik, dan bertangan besi :D

·         Semangat belajar beliau yang tinggi itu lho, sangat menginspirasi

·         Ane baru tau kalau nama asli beliau dulunya itu ‘Supeno’ pas kelas 12 ‘Aliyah. Sebuah transformasi positif, hehehe

·         Cerita beliau yang paling berkesan tuh cerita pengalaman beliau pas belajar di SPG dan di Pare. Inspiring! Menjadi peserta terbaik dari jajaran peserta lainnya yang lebih muda.

·         Teladan dalam aplikasi pelajaran Bahasa Asing

·         Ekspresi muka beliau sangat khas (kalian pada faham juga kayaknya)

·         Waktu ane kelas 12 ‘Aliyah, beliau menjadi Mudir ma’had dan juga jadi murabbi ane

·         Ustadz Fiqh Da’wah (materinya tentang Ushuulul-‘Isyriin dan pergerakan Islam; IM, HTI, Salafy, dll.). Asli ane nyesel banget dulu gak kritis menyikapi cara ngajar beliau. Bukan substansi pemahaman yang didahulukan, tapi malah bahasa dan hafalan. Pas kuliah gini baru  nyadar kalo materi Ushuulul-‘Isyriin itu baguuusss banget kalo difahami dengan bener-bener (hayo, siapa yang pernah kena jitak beliau sewaktu beliau ngajar?!?! :D)


Ustadz Alfan Syafi’i
·         Ustadz yang sangat lembut, sederhana dan kharismatik

·         Ane masih inget banget, sewaktu masih kelas 1 MTs, di hari pertama belajar hadits, beliaulah yang mempertemukan ane dengan hadits ‘Haqqul-muslimi ‘alal-muslimi sittun’ dari kitab Buluughul-Maraam, kewajiban seorang muslim kepada muslim lainnya. Sampe sekarang ane hafal banget ni hadits, beliau bikin ane enak menghafalnya.

·         Dalam tugas beratnya sebagai anggota dewan, beliau tak segan tetap membuka usaha laundry dan es ‘piscok’ di rumahnya. Panji (angkatan 8) adalah pelanggan usaha laundry beliau yang paling ane kenal, hehe.. (udah kayak sodaraan)


Ustadz Alfarobi
·         Dalam masa transisi sampai mendapat liqo di kampung setelah lulus dari HK, beliaulah yang menjadi murabbi ane

·         Ustadz pelajaran ‘aqiidah. Buku Al-Iman karya Ustadz Nu’aim Yasin pegangan ajar beliau sampe sekarang masih menyisakan kesan tersendiri. Materinya yang paling ane rasakan manfaatnya sewaktu kuliah adalah tentang ragam pergerakan pecahan Islam dan non-Islam. Sangat membantu dalam melatih komunikasi lintas pergerakan di dunia kampus


  Ustadz Muhyiddin
·         Yang seangkatan MTs bareng ane pasti inget sama nada khas beliau sewaktu mengajar Fiqih, ditambah kalimat “mana dalilnya?!

·         Dari beliaulah pertama kali di HK ane belajar ilmu Fiqih (buku Al-Fiqhul-Islaamiy)


Ustadz Mubayyin
·         Ane masih inget banget sampe sekarang, dulu sewaktu ane tes masuk HK beliaulah yang menguji bacaan Al-Qur’an ane

·         Al-Haafizh coy! Lancar banget dah hafalannya. Salah seorang yang inspirasi ane untuk mengkhatamkan hafalan Al-Qur’an

·         Ustadz tafsir dan hadits sewaktu kelas 9 MTs

·         Spesialis imam sholat Subuh di hari Jum’at, gantian sama Ustadz Mu’tamad.


Ustadz Sulaiman A. S.
·         Beliau adalah adiknya Ustadz Sabiqin

·         Ustadz yang sangat humoris tapi juga bisa ‘galak’. Masih terkenang kejadian beliau memukul Iw*n kuli dengan buku catatan (buku black list) gara-gara kebangetan bercanda sama beliau

·         Ustadz pertama ane di HK yang ngajarin Bahasa Arab


Ustadz Mu’tamad
·         Al-Haafizh juga. Selain lancar banget hafalannya, bacaannya juga merdu (pengajar Ekskul Mujawwad). Beliau juga salah seorang yang menginspirasi ane untuk mengkhatamkan hafalan Al-Qur’an.

·         Gaya bicara beliau sangat khas, logat Indonesia dan Arab menyatu, fashih sekali!! :D


Ustadz Arsyidi
·         Bukan ustadz pengajar, beliau bertugas di TU. Tapi beliau adalah Murabbi ane sewaktu kelas 3 MTs.

·         Pertama kali dengan beliau merasakan Mabit bareng di luar pondok, di rumah santri, rumahnya Asep Nur ‘Amilin.

·         Dari beliaulah ane akrab denganRasmul-Bayaan. Murabbi yang paling kebapakan dibanding Murabbi-Murabbi ane yang lain selama di HK. –mungkin karena waktu itu ane masih sangat kekanak-kanakan dan baru pertama kali dapet Murabbi yang bapak-bapak, sebelum-sebelumnya murabbi ane kakak angkatan kelas 3 MA-.


Ustadz Syaerozi Hasan
·         Belum pernah merasakan diajar sama beliau.

·         Pamannya akh Mardiyansyah ‘Bewok’

·         Sosok yang lembut dan kharismatik.

·         Ustadz dengan keluarga besar, anaknya beliau banyak dan lucu-lucu :D

·         Berasa banget kalo beliau sosok bapak yang hangat dan sangat sayang sama anak-anaknya. Ane ngalamin sendiri kalo ketemu beliau, rasanya keciiil banget –perawakan beliau kan tinggi besar-, pelukan beliau bener-bener rasanya seperti bapak yang sayang ke anak.

·         Sewaktu beliau jadi wakil mudir, banyak perubahan-perubahan kebijakan yang cukup revolusioner, walau gak populis dan gak bertahan lama; komposisi penghuni kamar yang campuran berbagai angkatan dan kebijakan full day school  yang suangngaat bikin capek (Cuma bertahan 1 semester kalo gak salah). :D


Ustadz Maqsudi Nawawi
·         Belum pernah merasakan diajar sama beliau

·         Walau sosoknya nampak sangar dengan badannya yang tinggi besar, beliau ternyata sosok yang humoris. *pernah ngintip beliau lagi ngajar*

·         Drummer coy!!


Ustadz Dwi Basyuni Natsir
·         Ustadz pendekar. Beladiri Thifannya jago banget

·         Kalem, sederhana, tapi tegas!

·         Selalu memulai jam mengajar dengan pertanyaan filosofis tentang sebuah ilmu fiqih. Ini nih yang bikin ane seneng belajar Fiqih dari beliau. Ilmu Fiqh terasa penting, esensial, dan bermanfaat. Belajar kritis!

·         Beliaulah yang mengajarkan life plan. Sampe sekarang tugas life plan yang beliau berikan sewaktu kelas 10 ‘Aliyah masih ane simpen, dan sekitar 90%-nya sudah terealisasi.  Alhamdulillaah.. :)


Ustadz Imam Nur Suharno
·         Wali kamar ane sewaktu ane pertama kali merasakan jadi musyrif kamar, di kamar Zubair bin Awwam II, asrama Khandaq

·         Beliau termasuk orang yang produktif menulis di media-media massa, tema tulisan beliau biasanya tentang pendidikan. Terakhir ane lihat tulisan beliau nampang di Koran Republika bulan lalu, Oktober 2013.

·         Taujih khas dari beliau adalah tentang maksiat. Masih terngiang-ngiang sampe sekarang; “Al-ma’shiyatu ba’dal ma’shiyati ‘iqaabul-ma’shiyati”, kemaksiatan setelah kemaksiatan adalah ganjaran atas kemaksiatan sebelumnya..!!Na’uudzu billaah..


 Ustadz Damanhuri
·         Sosok ustadz yang sangat dekat dengan santri dan sangat perhatian dengan prestasi santri.

·         Setia banget sama pendampingan lomba-lomba santri

·         Beliau sangat semangat dan ekspresif kalo mengajar. Telaten, pelan-pelan sampe bener-bener mayoritas santri di kelas pada ngerti

·         Dari beliau ane belajar tentang Profesionalitas, kerapian, dan kedisiplinan.

·         Teman ngobrol yang asyik :D


Ustadz Sanwani
·         Ustadz yang humoris dan akrab

·         Suka ikutan trend santri, ngasih nama di sandal, dengan nama ‘Ocan’ (nama panggilan akrab beliau)

·         Gagasan humornya gak abis-abis, dahsyat banget Ustadz Ocan ini :D

·         Pembina DE-OSHK X

·         Sewaktu tragedi demo HK #1, ada kisah duel argumen beliau dengan Widi Mochamad Sugri sangat monumental (masih pada inget ga?? :D)


Ustadz Jajang Aisyul Muzakki
·         Kalem, kharismatik, dan Jago banget ceramahnya. Didaulat sebagai Uje-nya versi HK.

·         Sempat mengkritik orang-orang yang jidatnya hitam. Argumen beliau lumayan logis dan nancep; “zaman sekarang ini sholat kita alasnya sejadah yang halus kainnya, bukan lantai atau tanah yang permukaannya kasar kayak zaman dulu, lalu kok kenapa ya bisa sampai hitam begitu bekasnya di jidat?!”

·         Salah seorang ahli ruqyahnya HK. Cerita ruqyah beliau yang paling berkesan adalah sewaktu jin dari orang (akhwat) yang diruqyah beliau malah naksir beliau dan ngajak nikah. #amazed :D

·         Katanya kakak-kakak angkatan di HK beliau ini jago nyukur rambut lho, dan katanya lagi, cukuran rambut beliau itu spesial. Penasaran... sama hasil cukuran rambut ane bagusan mana ya?


Ustadz Ali Kurniawan
·         Ustadz gaul, kayaknya paling nyambung kalo diajak ngobrol tentang urusan anak-anak muda :D

·         Pelajaran Fisika yang beliau ajarkan dan paling berkesan adalah tentang lensa! Ane kagak ngarti-ngarti waktu itu! *sampe sekarang juga ding :D*

·         Pelajaran Biologi yang beliau ajarkan dan paling berkesan adalah tentang ‘kolor’ dan relasinya dengan fertilitas :D *unik*

·         Murabbi ane sewaktu jadi pengurus DE-OSHK X, kelas sebelas ‘Aliyah


Ustadz Tata Sastra
·         Ni juga Ustadz gaul, kalo ceramah tentang dunia kepanduan, kegiatan outdoor, dan orasi jihad, beliaulah jagonya

·         Kalimat taujih yang paling berkesan dari beliau; “wa-a’idduu lahum ma-statha’tum min quwwah .....”


Ustadz Masduki Rahmat
·         Ustadz Bahasa Inggris, yang tegas tapi juga humoris. Gak kalah humoris deh dari Ustadz Ocan

·         Di mana ada pipa/kran air yang bocor, beliau dan pasukannya dipastikan  ada di sana untuk memperbaiki. –jadi kayak semacam motto, hehe-

·         Mengingatkan ane pada anak-anak beliau; sosok Hamas, Syifa dan dua kakak kembarnya yang suka mondar-mandir maen di kompleks santri ikhwan, lucu-lucu dan nggemesin:D


Ustadz Bahruddin
·         Master khath dan murattal. Salah seorang yang menginspirasi ane untuk bisa menguasai khath-khath arab

·         Bersama Ustadz Jajang dan Ustadz Asril, akan menjadi tim basket asatidz muda HK yang tangguh

·         Dari beliau ane belajar bedanya iqlab, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi. Sampe sekarang masih ane aplikasikan, alhamdulillaah..


Ustadz Subhi Abdullah
·         Kalo mau bayar SPP atau ngurus kiriman uang, pasti urusannya dengan beliau, di sampingnya ada kang Mulyana dan Ustadz Misbach

·         Beliau ini Ustadz Pendekar juga, sama kayak Ustadz Dwi Basyuni

·         Ane belum pernah diajar beliau. Tapi kabar-kabarnya sih galak, hehehe. Sebuah legenda tentang beliau pernah menceritakan bahwa ada santri yang dijewer beliau gara-gara nakal di kelas sampe telinga si santri itu berdarah. Dahsyat kan?! :o

·         Trainer manajemen administrasi sewaktu awal-awal ane jadi pengurus DE-OSHK X, khusus tentang manajemen keuangannya (beliau sebagai Bendahara ma’had). Sampe sekarang ilmu manajemen ini masih ane rasakan manfaatnya.


Ustadz Asril Rusli Muhammadi
·         Ustadz ilmu shorof pertama ane nih, gaya ngajarnya khas banget, kalem dan cool-cool getoh dah

·         Tampilan beliau pasti selalu necis :)

·         Ustadz yang demen dan Jago olah raga basket

·         Penyusun buku pelajaran Bahasa Arab, produktif menulis


Ustadz Gani Syamsuddin
·         Beliau yang ngajarin cara menghafal tashrif dengan asyik, dengan lagu-lagu yang populis (lagu pelangi-pelangi, lagu dangdut melati-melati)


Ustadz Dede Rifa’i
·         Ustadz bahasa Inggris dan juga Pembina kepanduan santri HK, bersama Ustadz Tata

·         Wali kelas ane sewaktu kelas VIII MTs

·         Menginspirasi ane tentang kegiatan positif yang bisa dilakukan sambil ngantri mandi (pull up, chin up)

·         Rajin olah raga (khususnya jogging)


Ustadz Abu Thalib
·         Asyik dan kerasa banget kalo beliau ngajar Bahasa Inggris, pengalaman terjun langsung di Australi bertahun-tahun memang memberikan kesan tersendiri yang lebih riil

·         Inspirasi dari beliau adalah tentang kultur positif yang beliau temukan di negeri tetangga yang western

·         Dari beliaulah ane tau bahwa bahasa biasa bisa menjadi kasar dengan perbedaan intonasi pelafalan (bloody, jangkrik à juangkrik!!), hehehe..

·         Technopreneur. Pas kelas 8 MTs ane ikutan kursus komputer di lembaga pelatihannya beliau lho.. (LPK Bina Karya) *njuk?!

·         Istri beliau pernah ngongkosin ane sewaktu ketemu se-angkot. Baik banget dah :'D


Ustadz M. Agung
·         Ustadz yang rumahnya di Manis Lor

·         Rasa-rasanya belum pernah diajar intensif oleh beliau. Tapi anak beliau pernah jadi asuhan ane di HK (Mutarobbi)


Ustadz Karya Ahdi
·         Ustadz yang lembut tapi tegas dan kharismatik

·         Ustadz Aqidah sewaktu ane MTs

·         Ahli ruqyah, beliau ini termasuk masternya ruqyah!

·         Pembina Asrama sewaktu ane kelas 12 ‘Aliyah. Bersama pasukan beliau –para wali asrama Uhud— tak lelah melawan kuatnya mata kami yang terpejam di kala Subuh.

·         Pengasuh Iwan Irwana dari Kalimati


Ustadz Agus Budiman
·         Dari beliau dan Ustadz Sunarno-lah ane cinta sama pelajaran Biologi sampe akhirnya banyak lomba-lomba tentang pelajaran Biologi yang ane ikuti

·         Sosok yang profesional, karirnya di HK terhitung cepet sampai dipercaya jadi Sekretaris ma’had


Ustadz Sunarno
·         Diam menghanyutkan, figur Ustadz yang ane jadiin teladan di dunia jurnalistik dan kepenulisan. Beliau ternyata dulunya sempat menjadi ketua Forum Lingkar Pena sewaktu ngampus di UNSOED

·         Nama pena beliau; Askhaf Sahlan

·         Pembina yang sabar dan telaten sewaktu ane jadi pengurus majalah AKYAS

·         Satu dari dua Ustadz Biologi favorit ane


Ustadz Abud Budiman
·         Spesialis bahasa Indonesia dan Hayatush-shahaabah wash-Shahaabiyah (sampe nyusun bukunya sendiri juga)

·         Dari beliau ane tersadar kalo kita sering tilawah, secara spontan kesadaran kita akan merespon dengan jawaban ‘salah’ kalo denger bacaan tilawah yang gak beres walaupun kita sebenarnya gak hafal lengkap surat tersebut.

·         Cigugur mania!!


Ustadz Suhana
·         Ustadz Pelajaran Bahasa Indonesia yang asyik dan humoris

·         Mirip dengan Ustadz Dwi Basyuni, mengajarkan kekritisan berfikir

·         Ada yang masih inget beberapa konsep unik beliau? Konsep spiral, Universalitas, dll. J


Ustadz Handi Al Husain
·         Pertama kali ketemu di kelas VII, ngajar bahasa Inggris, setelah itu ketemu lagi beliau ngajar sewaktu ane kelas 10 ‘Aliyah. Sosok yang berkesan, pandai bercerita dan nasyid.

·         Gaya ngajarnya khas, banyakan nasyid dibanding materi bahasa Inggris, seneng banget kayaknya kalo diminta santri-santrinya nasyid di kelas :D

·         Kalo menguap di kelas, kalimat “Allaahu Kariim..” pasti muncul barengan dengan ekspresi “hoaaeehhmm”, ane tiru sampe sekarang kalo lagi nguap, hehe


Ustadz Khoerul Fudin
·         Ustadz jaa-a min Lamongan (bangga banget beliau sama daerah asal beliau)

·         Tadinya ane sempet ngira dia kakaknya Ashif Aminulloh F. (HK angkatan IX), facial-nya mirip

·         Spesialis ngajar Bahasa Arab dan Qawa’id

·         Walau tegas, beliau pandai melucu juga. Dan selalu berusaha untuk melucu :D

·         Wali kamar ane di kamar Sa’ad, asrama Khandaq, sewaktu ane kelas X MA, sebelum akhirnya ane jadi musyrif di kamar lain. Waktu itu muncul konsep baru sewaktu pergantian wakil mudir (Ust. Syaerozi) dalam komposisi kamar, di mana semua angkatan dicampur jadi 1 kamar


Ustadz Ahmad Jurzani
·         Ustadz dari tanah Martapura, kota intan

·         Murabbi ane sewaktu kelas 10 'Aliyah

·         Mabit bareng di rumah Asep Nur ‘Amilin

·         Perdebatan beliau dengan Slamet Wahyudi Yulianto sampe sekarang masih ane inget, gara-gara Slamet gambar-gambar salib yang ditambahi kalimat “I hate them!” sewaktu beliau ngajar. Sejak saat itu belum terindikasi apakah terjadi ishlah atau nggak antara mereka. Dan sejak saat itu juga kalimat “I hate them!” menjadi ikon tambahan untuk akh Slamet Wahyudi :D


Ustadz Mulyadin
·         Ustadz Hadits sewaktu ane di ‘Aliyah

·         AsGar (Asli Garut), alumni PP Darul Arqam

·         Kisah perjalanan juang dan keprihatinan beliau hingga menjadi ustadz di HK sangat menginspirasi. Tentang kerja keras dan berkah khidmat kepada kedua orang tua juga kepada ustadz


Ustadz Prima Abadi
·         Ustadz yang kalem, gak nyiriin kalo beliau beliau juga ‘Ustadz Lc’. Ane baru nyadar pas lama di HK

·         Sekretaris ma’had pertama sewaktu ane masuk HK. Menjadi trainer administrasi bareng Ustadz Subhi Abdullah

·         Ekspresi wajah beliau sangat khas dengan satu alis yang diangkat di balik kacamata beliau yang kinclong


Ustadz Basuki Ahmad Danuri
·         Ustadz yang kalem dan berwibawa

·         Kalo jadi imam sholat, khas banget di salamnya, ada tambahan kalimat; “wabarakaatuh”

·         Beliau dulu ngajar Tafsir


Ustadz Ahmad Zaini
·         Ustadz pelajaran nahwu sewaktu kelas 8 MTs

·         Bacaan Qur’an beliau bagus

·         Sewaktu i’tikaf bareng Bupati Kuningan yang ane ikuti tahun 2006, beliaulah yang tasmi’ hafalan Al-Qur’an surat Al-Furqan. Lancar dan fashih. Pak Bupati aja sampe terbengong-bengong


Ustadz Faiz Hambali
·         Ustadz yang tinggalnya di rumah para bujangan

·         Ini juga ustadz pendekar. Paling kekar deh di antara asatidz lainnya

·         Beliau teman diskusinya Fahmi Hidayat ‘Bro’ dalam hal Body Building

·         Beliau pernah cerita, di kampungnya beliaulah yang paling jago panco dan push up

·         Pertama kali mengajar di HK, beliau mengajar Fiqh di kelas ane, kelas VIII. Logat jawanya yang khas dan tegas waktu ngajar ini sangat membantu ane dalam menghafal materi-materi kitab taqriib, gak tau juga kenapa

·     Peristiwa besar yang pernah ane tahu tentang beliau adalah sewaktu beliau mengalami musibah kecalakaan di jalan raya. Beliau harus kehilangan kesempurnaan kaki beliau karena patah dan membuat beliau gak bisa duduk dan berjalan dengan normal seperti sebelumnya. Waktu itu musibahnya terjadi sewaktu beliau pulang dari liqo’. Kisah perjuangan beliau untuk merawat dan mendampingi istri beliau yang sakit pasca persalinan juga sangat menginspirasi dan memberi pelajaran berharga

Ustadz Luthfi ANS.
·         Ustadz yang kalem dan low profile

·         Ustadz yang tinggal di rumah para bujangan juga

·         Belum terlalu kenal dan lama bertinteraksi dengan beliau

·         Beliau ngajar fiqh sewaktu ane kelas 10 ‘Aliyah. Yang paling ane inget dari pelajaran beliau adalah tentang mimpinya anak laki-laki yang baru baligh (ada yang inget ungkapan penyesalan beliau waktu itu? :D)


Ustadz Ilyasin
·         Ustadz baru, sosok yang sederhana.

·         Kalo gak salah inget, beliau tinggal di rumah para bujangan juga.

·         Ngajar hadits sewaktu ane kelas 12 ‘Aliyah

·      Inget banget dengan ekspresi kebanggaan beliau sewaktu pertama kali ta’aruf di kelas, “nama ana ada di dalam Al-Qur’an, ada yang tahu di surat dan ayat berapa??”


Ustadz Joni Pasya Tjik Ani

·         Ustadz baru juga, dan beliau salah satu penghuni rumah para bujangan

·      Ane belum pernah diajar sama beliau, pernah ngobrol aja, kayaknya asyik dan gaul gitu orangnya, ramah, dan sahaja


Ustadz Aan Rusdiana

·         Ustadz baru juga. Ngajar pelajaran tambahan Bahasa Inggris

·         Orangnya friendly, enak buat diajak ngobrol tentang pelajaran dan aktivitas kesantrian

·       Kalimat yang paling ane inget dari beliau, “have you ever been there!” –sambil nunjuk puncak gunung Ciremai-. Waktu itu ane gak nangkep beliau ngomong apa, dan dengan gelagapan ane jawab, “oh, I don’t know tadz!”

Dan Asatidz lainnya yang makin sulit ane jelajah di ruang memori, Ustadz Chumaedi (Geografi), Ustadz Jajang (Kewarganegaraan), Ustadz dll.. hehe..

Ada yang gak sepakat dengan beberapa perspektif di atas?? Gak apa-apa, alat pengindera ane kan memang terbatas. Masing-masing bersama perspektifnya tersendiri yang unik.

Alhamdulillaah, baik-buruknya pribadi tentunya bagian dari sunnatullaah. Anugerah hati dan fikir yang Allah ta’ala anugerahkan kepada kita bisa kita gunakan untuk menyerap saripati kebaikan-kebaikan dari sejumlah interaksi kita dengan beliau semuanya. Entah bagaimana jadinya kalo ane gak pernah mengalami perjumpaan dengan beliau semua di atas, guru kita, para ustadz kita. Semoga Allah ta’ala senantiasa meneguhkan, menguatkan untuk istiqamah, dan merahmati langkah-langkah juang beliau semua, juga langkah-langkah juang kita, bersama di atas jalan ridho-Nya. Aamiin..


Yogyakarta, 25 November 2013
Dibuat sejak 20 November 2012
Selamat Hari Guru!! dan setiap hari adalah Hari Guru!! :)

*) ini versi ustadz, ada yang mau bikin versi ustadzah?!? :)

6 komentar:

  1. teringat Ust. Chumaedi... Ust. yg sering kita dzolimi. bahkan sempet kita kerjain. Walau dengan mobil "tank" nya, dan usia yg sudah dikatakan sepuh, disertai penyakit darah tinggi dan rematik. Beliau tetap datang dan mengajar kita... Salut sama semangat Ust. Chumaidi, dan tak lupa juga dengan Ustad - ustad yang lain... :)

    Nice Share Ust. Iboy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya beliau yang paling berkesan pas kita kelas 1 MTs ya Bali, hehe.. :")

      #inspiratif

      sami2 Ustadz Hambali,
      mudah2an umur kita menyediakan pertemuan lagi, insyaa-Allaah

      Hapus
  2. ane lulusan tahun lalu bang, lulusan 16. duh baca posting abang jadi kangen nih sama HK
    btw anaknya ustad masduki yg kembar itu seangkatan lho sama ane.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh.. jarak kita ternyata udah lumayan jauh banget ya akh Salman, 2 anak kembar itu berarti udah jadi mahasiswi sekarang ya?! hehe.. :')

      Hapus