Rabu, 17 April 2013

Janji Tamid Thifan Po Khan

Entah sudah keberapa kalinya aku 'bolos' latihan dan melatih di waktu yang disepakati. Disengaja sih, tapi memang harus ada yang dikorbankan untuk pilihan yang lebih darurat dan mafaat (dan latihan Thifan Po Khan ternyata sekarang ini lebih sering aku korbankan untuk ditinggal -_-")

Tulisan ini hanya sebagai tadzkiroh (pengingat), sekaligus penyemangat atas orientasi berlatih Thifan Po Khan, apapun aliran Thifannya.



Kami para Tamid (dari kata Tilmidz dalam bahasa Arab yang artinya murid/siswa) yang belajar dan berlatih Thifan Po Khan memiliki 11 janji yang harus kami ingat, pegang, dan komitmenkan dalam keseharian kami. Dan janji ini yang dahulu kala membuatku kepincut belajar Thifan Po Khan.

Cekidot gan....

Janji Tamid Thifan Po Khan

  1. Sanya aku tidak akan menyekutukan Allah, aku tidak akan percaya pada takhayul, khurafat, dan tidaklah aku akan berbuat bid'ah dalam syara.
  2. Sanya aku akan mentaati hukum Allah dan RasulNya, sedaya upayaku kujalankan perintah Allah dan RasulNya, sedaya upayaku kujauhi larangan Allah dan RasulNya.
  3. Sanya hanya kupergunakan ilmu ini pada jalan haq, dan semoga terumpang barahlah aku apakala ilmu ini kupergunakan pada jalan bathil atau aku mengkhianati amanat sehingga ilmu ini jatuh di luar haq.
  4. Sanya aku berusaha amar ma'ruf nahi munkar.
  5. Sanya aku akan mentaati segala peraturan lanah sepanjang peraturan itu tiada menyimpang dari hukum Allah dan RasulNya.
  6. Sanya aku tidak akan takabur, pongah, dan congkak.
  7. Tidaklah aku akan terpancing, terhasut lawan, lalu tidaklah aku akan mengikuti jalan kekafiran.
  8. Aku akan lebih teliti bertindak dan tekun mencahari ilmu.
  9. Aku berdaya upaya, bersahabat dengan siapapun di dalam batas-batas hukum syara.
  10. Aku tidak akan menganut dan berasa ashabiyah.
  11. Aku tidak akan mempergunakan lambang-lambang, upacara-upacara, penghormatan, yang menyalahi syara.

Hufhhh... Berat dan mantap kan janjinya? :')

Dan tulisan ini aku tutup dengan sebuah quote yang masyhur di perguruan Thifan Po Khan;
"Sanya sekalian ilmu itu mahal adanya dan mencahari ilmu itu tiadalah semudah dugaan kalian dan mengkaji ilmu dengan ceroboh itu hanya akan menumbuhkan hasil yang hampa seumpama butir-butir gandum yang tiada bernas, untuk makanan keledai pun kurang manfaat.."

1 komentar:

  1. assalamualaikum, bang untuk daerah Jogja ada gak jaringannya untuk latihan?

    BalasHapus